Lampung Ekspor Sapi ke Mesir

Lampung Jajaki Ekspor Sapi
dan Kambing ke Mesir

Bandar Lampung – Provinsi Lampung akan menjajaki ekspor sapi dan kambing ke Mesir. Untuk tahap awal, pekan depan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung ,drh Husodo Hadi, bersama Direktur Jenderal Peternakan Departemen Pertanian, Prof drh HR Wasito MSc, PhD, berangkat ke Mesir guna melobi para pengusaha di negara itu.


Menurut Husodo Hadi yang ditemui seusai pembukaan Festival Pengolahan dan Pameran Produk Peternakan di Bandar Lampung, Rabu (8/12), saat ini Lampung memiliki enam perusahaan penggemukan sapi skala besar dengan volume produksi 125 ribu ekor per tahun. “Produksi ternak tersebut harus dicarikan pangsa pasarnya karena sudah tidak terserap di pasar dalam negeri,” katanya.


Di samping itu, Lampung juga berhasil mengembangkan kambing bur yang beratnya di atas yang dipersyaratkan oleh negara-negara di Timur Tengah untuk kebutuhan hewan kurban yakni 40 kg/ekor. Sementara berat kambing bur yang dihasilkan Lampung mencapai 60 kg/ekor.
Karena itu baik sapi maupun kambing bur memiliki peluang untuk diekspor ke Timur Tengah, termasuk Mesir. Menurut Husodo, kebutuhan daging sapi dan kambing di kawasan ini sangat besar. “Kami akan membicarakan dengan pengusaha Mesir soal harganya. Apakah cocok atau tidak dengan biaya produksi dan biaya angkutannya,” jelas Husodo.


Selain itu dalam pertemuan dengan para pengusaha Mesir nantinya, menurut Husodo, pihaknya akan mengajak para pengusahanya untuk berinvestasi di Lampung di sektor peternakan. Sebab Lampung sangat potensial untuk pengembangan bisnis di sektor ini mengingat daerah ini merupakan penghasil jagung terbesar, di samping memiliki pucuk tebu dan limbah sawit yang cukup besar untuk pakan ternak.


Gubernur Lampung Sjachruddin ZP yang ditemui di tempat yang sama menyatakan mendukung upaya ini. “Jika memang peluangnya besar, saya akan ajak para pengusaha peternakan dari Lampung berangkat ke Mesir untuk menindaklanjutinya. Kemudian kita juga akan undang pengusaha Mesir berkunjung ke Lampung guna melihat dari dekat peluang usaha di sektor peternakan di Lampung,” kata Sjachruddin menjawab SH.
Gubernur menambahkan, peluang usaha peternakan di Lampung masih terbuka lebar. Tidak saja dalam bidang penggemukan sapi, tapi juga untuk sapi perah. Selain memiliki ketersediaan pakan yang melimpah, juga pelabuhannya cukup representatif untuk melakukan ekspor impor ternak.


Gubernur juga menginstruksikan Kepala Dinas Peternakan untuk segera melobi Jepang dan Korea agar kembali mengimpor daging ayam dari Lampung yang sempat terhenti akibat flu burung, agar pangsa pasar tersebut tidak diisi oleh negara lain. (dat)

from: http://www.sinarharapan.co.id/ekonomi/usaha/2004/1211/ukm2.html

About these ads

1 Komentar

Filed under BERITA

One response to “Lampung Ekspor Sapi ke Mesir

  1. BERTA LAGOZA

    kalau saya mau ikut bergabung … bagai mana caranya…?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s