PENDIDIKAN TINGGI: Lulusan MAN Diterima di Al Azhar

PENDIDIKAN TINGGI: Lulusan MAN Diterima di Al Azhar

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Satu lagi siswa MAN 1 Tanjungkarang diterima di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, lulusan tahun pelajaran 2007–2008. Asma Nida Ulhaq dari jurusan Bahasa MAN 1 merupakan satu-satunya siswa asal Lampung yang lolos seleksi masuk Universitas Al Azhar untuk program nonbeasiswa.Nida, panggilan akrab Asma Nida Ulhaq, mengatakan memilih program nonbeasiswa karena untuk program beasiswa baru dimulai tahun depan. “Saya sudah menunggu cukup lama dan baru pekan ini berangkat,” kata Nida di ruangan Kepala Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama Kanwil Depag Lampung, Rabu (25-2).

Seleksi berlangsung di IAIN Raden Patah Palembang pada 10 Juni 2008. Saat tes ada tiga materi yang diujikan, yakni mengarang dalam bahasa Arab, menulis dalam bahasa Arab dan tes hapalan Alquran. “Alhamdulillah saya dinyatakan lulus,” kata gadis berjilbab tersebut.

Nida mengaku sempat bimbang memilih karena dia juga diterima di Universitas Soedirman Purwokerto Jurusan Bahasa Inggris. Lulusan pondok pesantren Khusnul Khotimah, Kuningan, Jawa Barat ini mengaku bercita-cita masuk jurusan bahasa Inggris sejak kecil.

Namun, setelah mendapat masukan banyak pihak, akhirnya dia memilih melanjutkan pendidikan di Universitas Al Azhar Kairo. Ini berarti anak pertama dari lima bersaudara pasangan Komiruddin dan Fakar Andriyani harus rela berpisah jauh dari saudara-saudaranya untuk waktu yang lama.

Menurut Nida, dia memilih Jurusan Syariah atau Hukum Islam di Universitas Kairo. Jurusan tersebut jauh lebih menantang dibanding dengan jurusan lain.

Meski sudah diterima dan segera berangkat ke Mesir, Nida mengaku agak khawatir. Sebab, dari 10 kakak kelasnya yang kini menempuh pendidikan di Al Azhar, semuanya laki-laki. “Saya khawatir karena tidak ada teman perempuan dari Lampung,” kata dia.

Sejak kecil, Nida sudah dikenalkan bahasa Arab oleh orang tua dan mulai mempelajari bahasa Arab secara sungguh-sungguh saat di pondok pesantren dan di MAN 1.

Dia mengingatkan siswa jurusan bahasa tidak minder dengan siswa jurusan lain. Meskipun lulusan jurusan bahasa, jika siswa bersungguh-sungguh dan mampu menguasai bahasa asing dengan baik, banyak kesempatan terbuka.

Sementara itu, Kabid Mapenda Kanwil Depag Abdurrahman menyambut gembira adanya siswa MAN 1 yang diterima di Al Azhar, Kairo. “Mudah-mudahan prestasi ini bisa terus dipertahankan siswa-siswa MAN 1 yang lain,” kata dia. n UNI/S-1

Tinggalkan komentar

Filed under BERITA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s